Pengaruh Sistem Pelayanan Antrian Terhadap Kinerja Staff Pada Loket Baak Universitas Gunadarma Depok
Bab I
Pendahuluan
I.I Latar belakang
Pada masa sekarang ini banyak sekali usaha – usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan ataupun jasa. Namun dalam menjalankannya banyak usahawan yang tidak dapat mengelola masalah sistem pelayanan antrian kasir. Sistem pelayanan antrian kasir yang tidak dikelola secara benar akan mengalami konsekuensi yang sangat berpengaruh tidak baik bagi usaha perdagangan. Hal ini akan berakibat menurunnya tingkat kedatangan konsumen. ( R. Karina Noviana Putri, 2009 )
Pada umumnya kita sering sekali merasakan begitu lamanya pelayanan yang akan kita terima dari perusahaan atau jawatan yang bergerak terutama dalam bidang jasa, seperti : pembayaran rekening telepon, pelayanan potong rambut, super market, reatauran siap saji serta pelayanan pada loket baak pada universitas Gunadarma. Memang menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan bagi siapapun juga. ( Asep Hendra, 2009 )
Sama halnya seperti sistem pelayanan, kompensasi juga mempengaruhi kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan. Kompensasi merupakan pemberian pembayaran finansial kepada tenaga kerja sebagai balas jasa yang diberikan perusahaan atas hasil kerja mereka. Kompensasi dibedakan menjadi dua yaitu kompensasi langsung dan kompensasi variabel. Kompensasi langsung berupa gaji pokok dan gaji lain yaitu gaji dan upah. Gaji adalah balas jasa yang diberikan secara periodik kepada karyawan dan tidak memperhatikan jumlah waktu kerja dan memiliki jaminan pasti. Upah merupakan balas jasa yang yang dibayarkan harian dengan berpedoman atas perjanjian yang disepakati pembayarannya. Kompensasi variabel antara lain adalah bonus. Bonus adalah tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu tang prestasinya diatas prestasi standar. ( Maya Yuratna Dewi, 2009 )
Di jaman sekarang ini yang telah memasuki era globalisasi jelas setiap orang memerlukan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhannya, dalam hal ini yaitu kompensasi. Oleh karena itu pada penulisan ilmiah ini penulis ingin membahas faktor lain yang mempengaruhi kenerja karyawan selain kompensasi yaitu sistem pelayanan itu sendiri, yang dalam hal ini mengambil contoh kasus sistem pelayanan antrian pada loket BAAK Universitas Gunadarma Depok.
I.II Rumusan dan Batasan Masalah
Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, penulis hanya membatasi masalah pada :
1. Pelayanan antrian di loket BAAK Universitas Gunadarma Depok, menggunakan metode antrian Multi Chanel Single Phase, yang menurut penulis belum memuaskan dalam segi waktu pelayanan.
2. Penulis juga ingin mengetahui sampai sejauh mana pelayanan yang diberikan oleh pihak loket.
I.III Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulisan ilmiah ini adalah :
1. Ingin mengetahui apakah waktu pelayanan yang diberikan oleh petugas loket sudah maksimal.
2. Ingin mengetahui seberapa lama seorang pelanggan dapat dilayani.
I.IV Manfaat Penelitian
Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, manfaat yang akan diperoleh adalah agar masalah ini tidak membosankan lagi bagi pengguna jasa dalam mengantri. Maka waktu harus seefisien mungkin agar kepuasan pengguna jasa tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar