Selasa, 30 November 2010

Menikmati Khayalan

Rasa-rasanya, tiada masa paling indah selain masa kanak-kanak. Kita bebas berbuat apapun, tanpa takut melanggar norma-norma. Kita bebas berkhayal apapun , tanpa takut bertentangan dengan norma hukum alam. Jadi tidaklah mengherankan jika anak-anak ditanya mengenai cita-cita mereka , maka jawabannya amat beragam. Bahkan kadang-kadang lebih tepat disebut khayalan daripada cita-cita.

apa kamu pernah mendengar SpaceShipOne ????

    Itu adalah nama pesawat super cepat luar angkasa milik swasta pertama di dunia. Pesawat ini memenangkan Ansari X Prize sebesar 10 juta dolar Amerika Serikat, setelah berhasil terbang setinggi 112 KM sembari membawa dua penumpang kemudian kembali dengan selamat.

    kesuksesan proyek ini menandai era penerbangan sipil ke ruang angkasa. Bagi Burt Rutan, sang pencipta SpaceShipOne, Ansari X Prize hanyalah sebuah penghargaan formal. Di atas segalanya, yang paling membuatnya bahagia adalah ia telah berhasil mewujudkan impian masa kecilnya.

    Dulu, sewaktu Sputnik diluncurkan, ia masih berusia 14 tahun. Ketika itu, ia yakin suatu saat nanti ia dapat naik pesawat ke luar angkasa bahkan berlibur ke bulan. Namun ia juga sadar, khayalan itu tidak bakal jadi kenyataan kalau ia ikut ngantri menjadi astronot NASA. yahh, karena semenjak tahun 90-an pemerintah Amerika Serikat telah mengurangi anggaran untuk perjalanan ke luar angkasa.
    
     Singkat kata ia pun menciptakan SpaceShipOne. Tapi kisahnya belum berakhir sampai disitu. Konon, ia masih melanjutkan penelitian agar bisa terbang lebih tinggi, lebih aman dan lebih hemat, sehingga lebih banyak umat manusia yang bisa piknik ke luar angkasa. Perusahaan Scaled Composite , akan membuat beberapa pesawat lainnya.

    Tidak cukup sampai disitu, perusahaan penerbangan luar angkasa Inggris , Virgin Galactic bahkan akan melisensi teknologi ini dan akan mengembangkannya menjadi sistem penerbangan baru yang akan mengantar manusia ke hotel di ruang angkasa atau pos pendaratan di bulan.

Ketahuilah , semua ini dimulai dari khayalan semasa kanak-kanak ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar