Minggu, 31 Oktober 2010

Review Jurnal

Tema
Kinerja Pelayanan

Judul
Sistem Pelayanan Antrian Kasir di Giant Hypermarket Margo City Depok

Pengarang
R. Karina Noviana Putri

Tahun
2009

Latar Belakang dan Masalah
Pada masa sekarang ini banyak sekali usaha-usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan. Namun dalam menjalankannya bnayak usahawan yang tidak dapat mengelola sistem pelayanan antrian kasir. Sistem pelayanan antrian kasir yang tidak dikelola secara benar akan mengalami konsekuensi yang sangat berpengaruh tidak baik bagi usaha perdagangan. Hal ini akan berakibat menurunnya tingkat kedatangan konsumen, oleh karena itu sistem pelayanan antrian kasir sangat berperan dalam roda usaha perdagangan.
 
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pelayanan antrian di Giant Hypermarket cabang Depok, dalam berusaha agar dapat diperbaiki atau meningkatkan sistem pelayanan antrian yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kedatangan konsumen.

Metodologi
variabel yang digunakan adalah :
  • variabel dependent : sistem pelayanan
  • variabel independent : jumlah kedatangan pembeli dan waktu rata-rata pelayanan
Penelitian ini menggunakan analisis Multi Chanel Single Phase. Multi Chanel Single Phase adalah metode yang digunakan untuk dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri antrian tunggal. Penelitian dilakukan dengan mengadakan peninjauan atau pengamatan langsung terhadap obyek penelitian untuk melihat bagaimana pengelolaan sistem pelayanan antrian Giant Hypermarket cabang Depok.
Penghitungan matematis :
jumlah pelanggan dalam sistem antrian
waktu rata-rata pelayanan



Hasil dan Kesimpulan
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang dilakukan dilihat dari rata-rata jumlah kedatangan pembeli dari waktu rata-rata antrian sebesar 0.003 jam atau 0.198 menit dan masi dibawah 50%. Maka dapat dikatakan bahwa Giant Hypermarket tidak terdapat antrian yang lama, sehingga para pembeli tidak terlalu jenuh dan bosan menunggu.

Saran dan Usulan Lanjutan
Tingkat pelayanan fasilitas pelayanan yang disediakan Giant Hypermmarket  sudah cukup baik dan yang harus dilakukan adalah menjaga, mempertahankan dan meningkatkan terus pelayanan fasilitas untuk pembeli atau konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar