Minggu, 31 Oktober 2010

Review Jurnal

Tema
Kinerja Pelayanan

Judul
Analisis Lamanya Pelayanan Pembayaran Listrik di PT.PLN ( Persero ) cabang Cimanggis

Pengarang
Asep Hendra

Tahun
2009

Latar Belakang dan Masalah

Pada umumnya kita sering sekali merasakan begitu lamanya pelayanan yang akan kita terima dari perusahaan atau jawatan yang bergerak terutama  dalam bidang jasa, seperti : pembayaran rekening listrik, rekening telepon, pelayanan potong rambut, supermarket, restoran siap saji dan lain-lain. Memang menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan bagi siapa pun juga. Berdasarkan uraian tersebut maka penulisan ini akan  membahas fenomena-fenomena yang terjadi dalam sistem pelayanan pembayaran rekeninglistrik disalah satu fasilitas pelayanan jasa umum di masyarakat.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
  • ingin mengetahui apakah waktu pelayanan yang diberikan oleh petugas loket sudah maksimal
  • ingin mengetahui seberapa lama seorang pelanggan dapat dilayani

Metodologi
Variabel yang diamati adalah :
  • variabel dependent : sistem pelayanan
  • variabel independent : petugas loket dan jumlah pelanggan
Pengumpulan data variabel adalah data primer dari perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan Multi Chanel Single Phase. Alat analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa lama seseorang pelanggan menunggu untuk dapat dilayani oleh petugas loket, sehingga dapat memberi gambaran  sampai sejauh mana waktu yang akan dibutuhkan oleh seorang pelanggan untuk dapat dipanggil dan keluar dari sistem tersebut.
waktu pelayana
 
Hasil dan Kesimpulan
Analisis waktu pelayanan yang didapat dari setiap pelanggan yang mengantri dari awal mereka datang, menunggu dalam antrian, dilayani dan keluar dari sistem menggunakan analisis Multi Chanel Single Phase adalah pelanggan harus menunggu rata-rata 3.5 menit mengantri dalam antrian dan 5.7 menit waktu yang hatrus dikeluarkan oleh setiap pelanggan untuk mendapat pelayanan. Apabila loket ini ditambah menjadi 5, waktunya cukup maksimal dam tidak terlalu lama yaitu 2.4 menit waktu yang dibutuhkan dari awal sampai selesai dilayani.

Meskipun dalam segi pelayanan belum maksimal, namun petugas loket  PT.PLN dalam pemberian layanan sudah cukup baik, pelanggan dilayani dengan senyu, sapa dan santun.

Saran dan Usulan Akhir

Dari hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan agar PT.PLN dapat menambah lagi jumlah loket menjadi 5 loket untuk melayani pelanggan, sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan menambah rasa nyaman pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar