Minggu, 31 Oktober 2010

Review Jurnal

Tema
Kinerja Karyawan
Judul
Kinerja PelayananPengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Melayani Nasabah Pada Bank Mandiri,Tbk

Pengarang
Maya Yuratna Dewi

Tahun :  2009

Latar Belakang dan Masalah

Kompensasi merupakan pemberian pembayaran financial kepada tenaga kerja sebagai balas jasa yang diberikan perusahaan atas hasil kerja mereka. Kompensasi dibedakan menjadi dua, yaitu kompensasi langsung dan kompensasi variabel. Kompensasi langsung berupa gaji pokok dan gaji lain atau upah. Gaji adalah balas jasa yang diberikan secara periodik kepada karyawan dan tidak memperhatikan jumlah waktu kerja dan memiliki jaminan pasti. Upah merupakan balas jasa yang dibayarkan harian dengan berpedoman atas perjanjian yang disepakati pembayarannya. Gaji variabel antara lain adalah bonus. Bonus adalah tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang prestasinya diatas prestasi standar.

Bank Mandiri yang memberikan pelayanan kepada nasabah dan juga dilihat dari perkembangannya, instansi ini mempunyai masa depan yang cukup cerah karena pada jaman globalisasi seperti saat ini jasa perbankan sangat berperan penting dalam perekonomian suatu negara dari tahun ke tahun. Instansi ini juga telah menggunakan faktor-faktor pendukung pelaksanaan dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia dan mungkin dalam pelayanannya kepada nasabah masih ditemui adanya kelemahan-kelemahan yang dapat mengurangi kepercayaan nasabah. Oleh karena itu  perlu diketahui penyebab masalah itu sehingga dapat dicari jalan keluarnya yang mungkin lebih baik terutama masalah kompensasi.

Tujuan

Bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dalam melayani nasabah Bank Mandiri.
Metodologi

Penulisan ini menggunakan data primer yaitu data yang diambil langsung dari obyek peneltian melalui observasi metode angket ( kuisioner ) yang dilakukan selama lima hari dan beberapa data lain yang diperlukan untuk metode penelitian ini.
Variabel yang digunakan berkaitan dengan perhitungan kompensasi dan kinerja dari karyawan yang menjadi responden dalam penelitian ini. penelitian ini menggunakan metode Chi Square dan Skala Likert.
Dengan hipotesis :
Ho = kompensasi tidak mempengaruhi kinerja karyawan dalam melayani nasabah
Ha = kompensasi mempengaruhi kinerja karyawan dalam melayani nasabah
Model penelitian matematis:
Chi Square

Hasil dan Kesimpulan

Dari data yang diperoleh dapat dilihat bahwa pengaruh kompensasi terhadao kinerja kerja responden pada Bank Mandiri dengan menggunakan metode Chi Square diperoleh X2 hitung 53.003 dan X2 tabel 21.026. Ini diartikan bahwa Chi Square hitung > Chi Square tabe. Maka hipotesis yang diterima adalah Ha dengan penolakan atas hipotesis Ho yang berarti kompensasi yang diberikan perusahaan tersebut mempengaruhi kinerja karyawan dalam melaksanakan tugasnya.

Dengan menggunakan skala likert diperoleh jumlah skor untuk seluruh responden adalah maksimal sebesar 2500 dan minimal sebesar 500, median sebesar 1500, kuartil 1 sebesar 1000 dan kuartil 3 sebesar 2000. Hasil survei dari data linier yang telah diolah dengan sampel sebanyak 50 orang adalah sebesar 1563, nilai ini berada diantara median dan kuartil 3 yang berarti kompensasi yang diberikan perusahaan  mempengaruhi kinerja karyawan dalam melayani nasabahnya.

Saran dan Usulan Lanjutan

Dari hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan agar Bank Mandiri selain menjaga kestabilan laju perusahaan juga harus memperhatikan Sumber Daya Manusia dalam perusahaan tersebut terutama dalam hal kompensasi. Kompensasi yang diberikan harus sesuai dengan kinerja yang telah merekan hasilkan untuk perusahaan dan usulan tambahan agar perusahaan dapat menjalin hubungan yang baik antara Sumber Daya Manusia yang ada di dalamnya sehingga terwujud suasana kerja yang harmonis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar